Wednesday, March 6, 2013

Ki Hajar Dewantara-Pahlawan Pendidikan

Biografi Pahlawan Pendidikan Ki Hajar Dewantara 150x150 Biografi Pahlawan Pendidikan Ki Hajar DewantaraKi Hajar dewantara , jika anda adalah seorang pengajar maka anda tidak akan asing lagi dengan nama tersebut, beliau adalah sesosok pahlawan yang bergerak di bidang pendidikan dan jug apengembangan pendidikan di inodonesia waktu itu Beliau jasa – jasanya tidak akan pernah bisa untuk kita lupakan. Berkat beliaulah, sampai sekarang kita bisa menikmati bebasnyamengenyam pendidikan baik di dalam ataupun di luar negeri.
Tanggal kelahirannya sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ia menamatkan pendidikan dasar di ELS (Sekolah Dasar Eropa/Belanda). Pada masanya, ia tergolong penulis handal. Selain ulet sebagai seorang wartawan muda, Ki Hajar dewantara  juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Sejak berdirinya Boedi Oetomo (BO) tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia (terutama Jawa) pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

Soewardi kembali ke Indonesia pada bulan September 1919. Segera kemudian Ki Hajar dewantara bergabung dalam sekolah binaan saudaranya. Ki Hajar dewantara tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Semboyan dalam sistem pendidikan yang dipakainya kini sangat dikenal di kalangan pendidikan Indonesia. (“di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan”). Dalam kabinet pertama Republik Indonesia, KHD diangkat menjadi Menteri Pengajaran Indonesia (posnya disebut sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan) yang pertama.
Atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan umum, Ki Hajar dewantara dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan hari kelahirannya dijadikan Hari Pendidikan Nasional (Surat Keputusan Presiden RI no. 305 tahun 1959, tanggal 28 November 1959). Ki Hajar dewantara  meninggal dunia di Yogyakarta tanggal 26 April 1959 dan Ia meninggal dunia di Yogyakarta tanggal 26 April 1959 ,  Ki Hajar dewantara dimakamkan di Taman Wijaya Brata.

0 comments:

Post a Comment