Saturday, January 26, 2013

Jember Fashion Carnaval

JFC FlowersJFC AngelsAwesome JFC
JFC MadureseJFCJFC Gothic

JFC ( Jember Fashion Carnaval ) adalah Fashion on the Street dengan costume dan make up extreme creative , di catwalk sepanjang 3.6 km yang diikuti oleh 600 an peserta disaksikan oleh ratusan ribupenonton dan ratusan fotografer serta diliput berbagai kantor berita dan media.
Seluruh peserta merancang, mendanai, membuat dan memperagakan kostum mereka sendiri. Sepanjang jalan mereka memperagakan, menari dan berekspresi sesuai defile/tema yang ditentukan. Mereka telah menjalani in house training dalam periode 6 bulan yang meliputi Basic Fashion Design, Fashion Runway, Fashion Dance, training Majorette, training Presenter, training Singer, MakeUp Hair Style, dan beberapa kelas kepribadian. Seluruh kegiatan diberikan tanpa dipungut biaya apapun. JFC adalah sebuah Social Event di mana seluruh instruktur maupun peserta menjadi volunteer.
JFC diselenggarakan secara reguler tahunan di Jember, Jawa Timur,Indonesia. Tahun ini, JFC telah memasuki penyelenggarakan ke 11 dengan “ Extremaginationsebagai tema utama. 10 ( sepuluh ) defile akan dipresentasikan dalam JFC XI dengan Tema tema Global  menampilkan Special Performing Art dari JFC Marching  Band
         Kini, perjalanan satu dasawarsa telah manghantarkan JFC menjadi pelopor Modern Carnival di Indonesia. Banyak kota di Indonesia telah mengacu pada JFC sebagai inspirasi karnaval.
          Dengan diraihnya predikat sebagai ‘7 Karnaval Terheboh Dunia’, JFC semakin dituntut untuk mampu menciptakan temuan-temuan baru. JFC harus mampu menghasilkan karya dengan kreatifitas yang semakin tinggi baik dalam costume maupun penyelenggaraan event itu sendiri.
              Untuk mencapai hal tersebut tentu dibutuhkan SDM yang lebih terlatih serta pendanaan yang semakin besar. Untuk membentuk SDM yang terlatih serta regenerasi yang berkelanjutan, baru-baru ini JFC telah merintis berdirinya International Carnival Institute Indonesia ( ICI-Indonesia ).
               Angkatan pertama telah berjalan dengan pemberian program beasiswa pada seluruh mahasiswa sejumlah 12 orang. Sebagai lembaga sosial JFC berupaya untuk menjadi lembaga yang mandiri dengan memaksimalkan seluruh asset dan potensi yang dimiliki. Salah satu upaya untuk merintis sumber pendanaan baru sekaligus sebagai pembelajaran lanjutan bagi para volunteer JFC adalah dengan mengadakan Indoor Concert JFC. Diharapkan ke depan ini akan dapat menjadi show regular JFC yang sekaligus pula sebagai asset wisata nasional di Ibu kota Negara.

0 comments:

Post a Comment