Sunday, January 27, 2013

Trik Aman Melakukan Perjalanan Seorang Diri

Apakah anda pernah menunda perjalanan impian karena tidak menemukan teman yang dapat diajak berlibur bersama? Atau anda memiliki keinginan untuk melakukan perjalanan sendiri untuk discover the world namun bingung harus memulainya dari mana? Berikut beberapa tips untuk anda yang ingin melakukan perjalanan seorang diri.

1. Sesuaikan gaya perjalanan dengan personality dan kehidupan sosial anda, apakah anda memilih untuk bepergian seorang diri atau bersosialisasi dengan orang lain. Melakukan Grup tur akan lebih sesuai untuk anda yang suka bersosialisasi dengan orang lain.

2. Tentukan tujuan yang ingin dikunjungi. Kumpulkan data sebanyak mungkin mengenai tujuan
tersebut. Mengenai cuaca, lokasi kedutaan Indonesia apabila anda bepergian ke luar negeri , serta cari tau mengenai special event ketika anda berada disana karena dapat begitu ramai dan anda dapat kehabisan hotel.

3. Tentukan berapa lama anda ingin melakukan perjalanan. Setelah anda menentukan gaya perjalanan dan tujuan yang sesuai tentukanlah berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan tersebut. 3-5 hari merupakan pilihan yang tepat apabila ini adalah kali pertama anda melakukan perjalanan seorang diri.

4. Anggaran. Anda harus memperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk makan, penginapan, transportasi, dan biaya masuk ketempat-tempat wisata.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menjaga anggaran anda agar sesuai dengan apa yang sudah direncanakan:
  • Apabila melakukan perjalanan keluar negeri, ada baiknya anda memahami nilai tukar, seperti harga tiket kereta, restaurant, penginapan baik dalam rupiah maupun mata uang local. Kalkulator saku dapat sangat membantu.
  • Tanyalah terlebih dahulu apabila anda ingin melakukan tukar mata uang, menggunakan ATM dan kartu kredit ditempat tujuan anda.
  • Jika fasilitas memadai, cobalah sesekali untuk menyiapkan makanan sendiri.
  • Cobalah untuk bersosialisasi dengan orang-orang ditempat tujuan anda, agar anda tidak merasa sendiri selama berada disana. Namun tetaplah berhati-hati, tidak semua orang yang anda temu mempunyai niat baik. Jangan memberikan informasi penginapan anda kepada orang yang baru anda temui. 

5. Persiapkan segala hal dengan sebaik-baik mungkin agar dapat menikmati setiap waktu dalam perjalanan anda.
  • Simpan dan Buat lah salinan paspor serta jadwal perjalanan anda, berikan kepada seseorang yang menjadi emergency contact anda apabila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.
  • Jika anda bepergian keluar negeri dan  berencana untuk merental kendaraan pastikan anda memerika persyaratan mengemudi untuk lokasi tersebut. Sebelum sampai disana pastikan anda tahu mengenai peraturan dasar jalanan disana. Dimanapun anda berada pastikan emergency contact anda nomor plat kendaraan yang anda kendarai. 

Source: wikihow.com

0 comments:

Post a Comment