Friday, January 18, 2013

Pahlawan Nasional Sultan Hasanudin

Biografi Pahlawan Nasional Sultan Hasanudin 150x150 Biografi Pahlawan Nasional Sultan HasanudinDikesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi kepada anda tentang seorang pahlawan yang namanya cukup sangat terkenal dan besar di mata masyarakat. Beliau adalah Sultan Hasanudin yang namanya di abadikan menjadi salah satu nama bandara di indonesia.
Memang salah satu cara ampuh dan bijak untuk bis amengenal dan mengenang para pahlawan kityang gugur dalam perjuangannya, kita harus pintar-pintar menjadikan nama harumnyamenjadi nama sebuah bagunan ataupun nama sebuah jalan.
Sultan Hasanuddin lahir di Makasar, merupakan putera kedua dari Sultan Malikussaid, Raja Gowa ke-15. Sultan Hasanuddin memerintahKerajaan Gowa, ketika Belanda yang diwakili Kompeni sedang berusaha menguasai perdagangan rempah-rempah. Gowa merupakan kerajaan besar di wilayah timur Indonesia yang menguasai jalur perdagangan.[1]

Di lain pihak, setelah Sultan Hasanuddin naik takhta, ia berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia bagian timur untuk melawan Kompeni.
Sultan Hasanuddin memberikan perlawanan sengit. Bantuan tentara dari luar menambah kekuatan pasukan Kompeni, hingga akhirnya Kompeni berhasil menerobos benteng terkuat Gowa yaitu Benteng Sombaopu pada tanggal 12 Juni 1669. Sultan Hasanuddin kemudian mengundurkan diri dari takhta kerajaan dan wafat pada tanggal 12 Juni 1670

0 comments:

Post a Comment