Friday, January 18, 2013

Pahlawan Nasional Ir. Juanda

Biografi Pahlawan Nasional Ir. Juanda Biografi Pahlawan Nasional Ir. JuandaBerjumpa lagi dikesemaptan kali ini, kembali saya ingin membahas seputar sosok pahlawan indonesia, yang mana sudah berjuan gdengan keras memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia untuk bisa mendapatkan pengakuan dari bangsa yang sudah menjajah bahwa indonesia adalah negara yang sudah merdeka dan tidak akan pernah bisa lagi di jajah oleh mereka.
Dikesempatan kali ini, saya ingin membahas tetnag Ir. R Djoeanda Kartawidjaja yang dilahirkan pada tanggal 14 januari 1911 di tasikmalaya. Beliau adalah seorang perdana menteri indonesia ke 10.Selain itu juga diabadikan untuk nama hutan raya di Bandung yaitu Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, dalam taman ini terdapat Museum dan Monumen Ir. H. Djuanda.
Djuanda wafat di Jakarta 7 November 1963 karena serang jantung dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta. Ir. H. Djuanda seorang abdi negara dan abdi masyarakat. Dia memilih mengajar di SMA Muhammadiyah di Jakarta
dengan gaji seadanya. Setelah empat tahun mengajar di SMA Muhammadiyah Jakarta, pada 1937, Djuanda mengabdi dalam dinas pemerintah di Jawaatan Irigasi Jawa Barat. Setelah itu, dia diangkat menjabat Menteri Perhubungan. Dia pun pernah menjabat Menteri Pengairan, Kemakmuran, Keuangan dan Pertahanan. Di antaranya dalam Perundingan KMB, dia bertindak sebagai Ketua Panitia Ekonomi dan Keuangan Delegasi Indonesia. Tetapi dia menolak.
Sehingga dari tahun 1946 sampai meninggalnya tahun 1963, beliau menjabat sekali sebagai menteri muda, 14 kali sebagai menteri, dan sekali menjabat Perdana Menteri.

0 comments:

Post a Comment