Friday, January 18, 2013

Pahlawan Nasional Andi Sultan Daeng Radja

Pahlawan Nasional Andi Sultan Daeng Radja Biografi Pahlawan Nasional Andi Sultan Daeng RadjaPahlawan Andi Sultan Daeng Radja yang lahir tanggal 20 Mei 1894 adalah salah satu serang pahlawna nasional indonesia yang berjuang melawan penjajahan untuk memperoleh kemerdekaan Indonesia dari Sulawesi Selatan. Beliau dahulu pernah bersekolah di Sekolah rakyat dan kemudian melanjutkan pendidikannya di ELS Bantaeng an kemudia setelah itu ia melanjutkan skolahnya kembaki di OSVIA makasar. Stelah ia menyelesaikan pendidikannya di OSVIA sultan Daeng Radja di usianyyang masih muda, 20 tahun ia diangkat menjadi seorang juru tulis kantor di pemerintahan Onder Afdeeling Makasar. Beberapa bulan kemudian setelah pengankatan itu, kemudian ia diangkat kembali menjadi seorang calon jaksa yang diperbantukan di Inl Justitie Makasar.
Ia berjuang dalam menentang kekuasaan Belanda semenjak ia bersekolah di OSVIA Makasar. Ketidak sukaannya beliau dalah karena dipicu kesewenangan dan penindasan yan gdilakukan pemerintah Belanda terhadap rakyat Bulukumba.
Semangat Sultan Daeng Radja untuk membebaskan bangsanya dari penjajahan, membuat dia secara diam-diam mengikuti kongres pemuda Indonesia 28 Oktober 1928, yang dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Sepulang mengikuti kongres ini, tekad Sultan Daeng Radja semakin berkobar untuk mengusir kolonial Belanda dari Indonesia.Perjuangan Andi Sultan Daeng Radja dalam melawan penjajahan di Indonesia, akhirnya mendapat penghargaan tinggi dari Pemerintah Indonesia. Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 085/TK/Tahun 2006 tertanggal 3 Nopember 2006, Presiden SBY menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana kepada Andi Sultan Daeng Radja, di Istana Negara pada tanggal 9 November 2006.

0 comments:

Post a Comment