Tuesday, January 29, 2013

Kecantikan Pulau Samalona Sul-Sel


pulau samalona
Kota Makassar tidak hanya terkenal dengan wisata kuliner dan situs sejarahnya tapi juga mempunyai banyak potensi wisata bahari yang memukau, salah satunya adalah Pulau Samalona yang jaraknya 7 Km dari Makassar.  Pulau ini termasuk ke dalam wilayah kota Makassar, kecamatan ujung pandang, Sulawesi Selatan.

Luas pulau Samalona yang hanya mencapai 2 hektar, seolah menjadikan Pulau Samalona terasa sebagai pulau pribadi bagi wisatawan yang berkunjung, Keindahan pulau yang sangat cantik menjadikan tempat wisata satu ini menjadi destinasi favorit di waktu liburan. Selaian menikmati pemandangannya, kegiatan snorkeling dan diving menjadi kegiatan yang harus dilakukan.

Surga bawah laut Pulau Samalona yang mempesona. Terumbu karang dan fauna laut yang langka akan bisa lo temukan di sini. Ditambah lagi peninggalan sejarah yang hanya ada di Pulau Samalona. Di bawah laut Samalona terdapat bangkai pesawat terbang saat Perang Dunia II.

Airnya yang jernih dan pasir putih menjadi spot yang mempesona untuk menikmati senja. Bukan hanya itu, di Pulau Samalona juga bisa menyewa kapal untuk mengelilingi keindahan pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya. Keindahan Samalona masih sangat terjaga. So, tidak salah jika kita menjadikan Pulau Samalona sebagai destinasi weekend spesial bersama teman, pasangan, dan keluarga. Dijamin dengan alam yang mempesona akan membantu untuk menghilangkan penat setelah lelah bekerja.

Pulau Samalona juga menyimpan sejuta misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-II. Ada sekitar 7 buah kapal yang karam di kawasan pulau ini, di antaranya: kapal Maru, kapal perang milik Jepang yang karam pada kedalaman sekitar 30 meter; kapal Lancaster Bomber yang juga karam pada kedalaman sekitar 30 meter; kapal selam pemburu (gunboat) milik Jepang kapal kargo Hakko Maru buatan Belanda; serta kapal selam milik Jepang. Kapal-kapal yang karam tersebut telah berubah wujud menjadi karang dan menjadi “rumah” atau “tempat tinggal” bagi ratusan biota laut yang beraneka ragam bentuk, dan jenis serta warna yang sangat mengagumkan. Keindahan inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang berenang di antara bangkai-bangkai kapal karam tersebut.
pulau samalona
Selain misteri dan keindahan taman lautnya, para wisatawan juga dapat menyaksikan matahari terbit (sunrise) dan terbenamnya matahari (sunset) pada satu posisi yang sama. Di pulau ini, wisatawan juga dapat menikmati kelezatan berbagai macam seafood segar yang dimasak dengan cara yang cukup unik, yaitu diletakkan di atas tempurung kelapa kemudian ditutupi dengan daun pohon yang tumbuh di sekitar pulau Samalona. Dengan cara demikian, aroma asap arang tempurung kelapa tersebut segera tercium dan dapat menggugah selera makan.
pulau samalona
Untuk akses ke pulau Samalona cukup mudah, karena hanya berjarak 20 – 30 menit laut, dengan menyewa boat milik nelayan yang banyak ditemukan di penyeberangan kayu bangkoa. Saya sendiri kemarin menyeberang dari depan benteng Fort Rotterdam, karena ternyata juga terdapat dermaga kapal nelayan di depan benteng Fort Rotterdam. Harga sewa untuk satu perahu 300 ribu untuk pulang pergi dalam satu hari, dan 400 ribu jika kita ingin menginap dan di jemput keesokan paginya (mungkin harga bisa turun lagi karena saya kurang bisa menawar). (dikutip dari berbagai sumber)
pulau samalona

0 comments:

Post a Comment