Wednesday, January 16, 2013

Tips Berwisata Saat Melakukan Perjalanan Dinas

Oleh Asmil /16/Jan/2013 

Anda mendapatkan surat penugasan dinas di luar kota atau negeri? Beruntunglah Anda! Setidaknya Anda tidak hanya bekerja di balik meja Ada beberapa pekerjaan yang menuntut Anda untuk untuk selalu melakukan perjalanan dinas ke luar kota atau luar negeri.
Orang-orang dengan pekerjaan tersebut pasti-lah sudah menelan asam manis perjalanan dinas sehingga mereka pintar menyusun strategi berwisata disela-sela jadwal kerja dinasnya. Bagaimana dengan orang harus baru pertama kali atau tidak mempunyai banyak pengalaman melakukan perjalanan dinas, tetapi ingin sekali mengeksplorasi wisata kota atau negara tujuan Anda berdinas?
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin berwisata saat sedang bekerja dinas ke luar kota atau luar negeri?
1. Jadwal kerja
Ketika Anda berangkat, Anda harus sudah mengetahui jadwal kerja Anda selama berdinas. Jika Anda belum mempunyai jadwal kerja Anda, susun dengan efisien dan efektifitas. Siapkan juga selalu jadwal cadangan sebagai rencana cadangan Anda. Dengan mengetahui jadwal kerja Anda, Anda dapat mengetahui jadwal luang Anda, sehingga Anda juga dapat menyusun kunjungan wisata Anda sendiri. Jangan menghindari jadwal kerja yang Anda mungkin tidak terlalu penting, seperti jamuan makan malam atau salah satu presentasi hanya demi beristirahat atau berwisata. Jadwal tersebut mungkin penting untuk memperluas jaringan Anda, mengandung informasi-informasi untuk laporan Anda nanti, atau menghindari omelan supervisor yang hadir dan mengabsen Anda.
2. Peta
Sebelum Anda berangkat, siapkan peta kota Anda akan berdinas. Ada beberapa lokasi yang Anda harus pelajari dari peta tersebut, yaitu lokasi tempat Anda tiba (bandara atau stasiun atau pelabuhan) ke lokasi penginapan Anda, lokasi penginapan ke lokasi Anda berdinas (ke balai kota, rumah sakit, balai pertemuan, dll), lokasi penginapan atau berdinas ke lokasi wisata yang Anda inginkan. Jika perlu, Anda bisa mencari peta wisata kota tersebut.
3. Lokasi wisata
Cari tahu lokasi wisata yang terkenal dari kota Anda berdinas tersebut. Mengapa saya sarankan kota Anda berdinas saja? Karena perjalanan dinas biasanya singkat, kota tersebut pasti mempunyai beberapa wisata yang menarik, dan ingat, Anda mempunyai tanggung jawab terhadap pekerjaan Anda. Anda tidak boleh mengabaikan pekerjaan utama Anda, apalagi dengan alasan lelah setelah mengunjungi lokasi wisata yang jauh.
4. Pakaian
Pakaian utama yang harus Anda siapkan dalam perjalanan dinas adalah pakaian dinas atau bekerja institusi Anda dan baju formal lainnya. Pakaian dinas termasuk perlengkapan-perlengkapannya, seperti topi atau lencana. Terkadang, baju-baju tersebut yang paling berat dan memakan tempat karena jumlah dan ketebalannya, beda dengan baju santai. Pakailah baju yang santai saat berwisata, tetapi jangan sampai salah kostum, seperti memakai kaos saat cuaca dingin atau memakai pakaian terlalu minim di negara bermayoritas muslim. Anda bisa membeli baju santai di negara tujuan. Zara di Eropa, Giordano di Cina, Hongkong, dan Korea Selatan, dan Roxy atau Quicksilver di Australia dan Amerika Serikat termasuk brand murah. Anda akan berwisata dengan percaya diri karena baju tersebut sedang tren atau nyaman dan cocok dengan cuaca di kota atau negara tersebut. Jangan terlalu pelit menghabiskan uang saku perjalanan dinas Anda demi membeli kenyaman Anda berwisata.
5. Etika
Anda terdaftar di penginapan Anda atas nama institusi Anda, jangan sampai Anda terlihat membawa banyak teman asing pulang ke penginapan Anda atau lawan jenis yang berbeda-beda setiap hari. Lebih jauh lagi, jika Anda berdinas disponsori kota atau negara tujuan, biasanya Anda harus tetap di kota Anda berdinas atau Anda akan dianggap hanya bermain-main, tidak bekerja selama di kota atau negara tersebut. Banyaklah baca mengenai norma atau hukum yang beraku di kota atau negara Anda berdinas, sehingga Anda tidak akan melanggarnya dan membuat malu institusi yang menugaskan Anda, seperti berantam sambil mabuk karena mereka akan mencari tahu asal Anda. Misalkan Thailand, polisi lebih memihak pada penduduk asli, sehingga ketika Anda bermasalah dengan penduduk setempat, polisi akan mendenda, menangkap, atau mengintrogasi Anda saja.
Ingat, Anda melakukan perjalanan dinas, jadi Anda harus mengerjakan pekerjaan utama Anda, seperti laporan tertulis atau telekonferensi setiap hari dengan atasan Anda di asal institusi Anda.
(Sumber:kompasiania)

0 comments:

Post a Comment