Monday, January 14, 2013

SURGA BAWAH TANAH GUA SALUKANG KALLANG


Kabupaten Maros selama ini memang terkenal dengan gugusan gunung kars dengan barisan tebing yang menjulang indah yang diistilahkan "The Spectacular Tower Karst". Salukang Kallang adalah gua yang terletak di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan tepatnya di Desa Samangki, meskipun mulut Gua ini berada di Desa Labuaja yang merupakan desa tetangga Samangki. Nama Gua Salukang kallang sebenarnya sudah tidak asing lagi terutama dikalangan Pencinta Alam sebab gua ini sering dijadikan tempat penelitian dan pelatihan penelusuran gua (Caving).
Gua Salukang Kallang adalah gua yang sangat indah bahkan disebut-sebut sebagai gua tercantik di Indonesia dan tak salah jika dijuluki sebagai Surga Bawah Tanah.
Gua dengan kedalaman sekitar 26 KM ini adalah gua yang terbentuk dari batuan kars dan berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.
http://triasmil.blogspot.com/Gua ini berada di jalan poros Maros- Bone, Jarak gua ini dari Kota Maros sekitar 25 KM dan dapat ditempuh dengan menggunakan motor dan mobil selama ± 1,5 jam karena jalananya yang berkelok-kelok dan terjal (pokoke menantang dech coyy jalannya :D ). Untuk menuju mulut gua dari jalan poros jaraknya ± 800 M. Untuk memasuki mulut gua pengunjung harus menuruni mulut gua sekitar 8 M dan harus mengunakan peralatan caving agar lebih aman.
Didalam gua mata kita akan terperangah melihat indahnya ornamen-ornamen yang terdapat di dalamnya, Semakin ke dalam gua tantangan pun semakin besar, merayap dan berenang adalah hal yang wajib kita lakuakan jika serius ingin menyusuri gua ini sampai ke ujung gua. Namun tantangan itu akan terbayarkan dengan keindahan surga bawah tanah ini. Stalaktik, Stalakmid, Pilar, Mount Milk, Mutiara Gua, Gorden gua akan mudah kita temui selama kita melakukan penelusuran di surga bawah tanah  ini..

0 comments:

Post a Comment