Tuesday, January 15, 2013

Tips & Trik Hemat Baterai Ponsel Ketika Perjalanan

Waktunya liburan, waktunya mudik Lebaran atau jalan-jalan. Untuk mudik atau sekedar travelling, tentunya tak mengenakkan jika harus repot dengan masalah komunikasi. Komunikasi melalui ponsel atau gadget Anda saat perjalanan tentunya tidak ingin terkendala hanya karena kehabisan daya baterai. Maka, sebaiknya Anda bisa menghemat daya baterai perangkat Anda. Berikut tips dan trik untuk sedikit memperpanjang daya baterai ponsel atau smartphone Anda ketika akan melakukan perjalanan atau mudik :
Matikan smartphone saat tidak dibutuhkan
Tidak setiap waktu para traveller atau pemudik dapat menerima atau melakukan panggilan. Untuk itu, tidak ada salahnya pada saat itu matikanlah smartphone Anda untuk menghemat baterai.

Matikan fitur getar (vibration)
Fitur getaran atau vibration biasanya memakan lebih banyak daya dibandingkan dengan ringtone. Jadi sebaiknya Anda cukup aktifkan ringtone saja sebagai penanda.

Download aplikasi penghemat baterai
Aplikasi ini dapat membantu menghemat baterai dengan praktis dan mudah. Pengguna BlackBerry bisa mengunduh NB BattStat atau yang lain. Di iPhone, ada Battery Go. Sedangkan di Android, ada aplikasi Easy Baterry Saver, Juice Defender dan sebagainya.

Minimalisir mengakses banyak aplikasi, koneksi dan fitur smartphone
Bermain game dan mendengarkan musik mungkin dapat mengusir kejenuhan Anda saat terjebak dalam kemacetan. Namun, pada saat perjalanan, kegunaan smartphone yang paling utama tentunya adalah untuk tetap dapat terhubung dengan rekan atau keluarga atau untuk hal penting lainnya. Maka, ada baiknya untuk menahan diri tidak mengakses hiburan yang haus daya baterai seperti game atau aplikasi tertentu di smartphone. Gunakan pula berbagai fitur dalam smartphone Anda dengan bijak, sebaiknya matikan Wi-Fi dan Bluetooth yang tidak diperlukan di perjalanan. Fitur GPS mungkin akan sangat membantu jika tersesat dan ingin mengetahui jalur. Namun GPS dapat juga mampu menghabiskan baterai dengan cepat. Selain itu, tak tak ada salahnya koneksi ke jaringan 3G dimatikan jika yang lebih banyak dilakukan hanya telepon, SMS dan sesekali memeriksa e-mail.

Atur layar smartphone
Untuk membantu baterai lebih awet, khususnya di smartphone touchscreen, mengunci layar saat tidak dipakai perlu dilakukan agar sentuhan tidak mengaktifkan handset dan memboroskan baterai. Selain itu, Anda bisa menurunkan tingkat kecerahan layar (brightness) sampai level minimum yang masih bisa dilihat mata. Persingkat pula setting jangka waktu otomatis layar menyala.

Atur dengan bijak semua aplikasi dan widget
Anda dapat mengakses toko aplikasi online seperti Google Play, Apple App Store dan BlackBerry App World dan lakukan pengunduhan task manager. Aplikasi Advanced Task Killer cukup mudah digunakan sebagai kendali agar Anda selektif mengatur aplikasi yang berjalan.
 
Referensi : Trik Hemat Baterai Ponsel Ketika Perjalanan Mudik  dok.Heni Pratiwi  

0 comments:

Post a Comment