Sunday, January 20, 2013

Pahlawan Nasional RM Tumenggung Ario Soerjo

Biografi Pahlawan Nasional RM Tumenggung Ario Soerjo Biografi Pahlawan Nasional RM Tumenggung Ario SoerjoPahlawan nasional berikutnyyang akan kita bahas tentang jasa-jasanya adalah Raden mas Tumenggung Ario Soerjo yang lahir di magetan jawatimur tanggal 9 Juli 1895 adalah seorang pahlawan indonesia an juga merupakan salah satu gubernur provinsi jawa timur yang pertama. Ia sebelumnyamenjabat sebagai bupati magetan. RM Suryo dahulu oernah melakukan perjanjian dengan Inggris.
Ia melakukan perjanjian genjatan senjata dengan komandan pasukan Inggris, namun ternyata inggris tak menghiraukan perjanjian genjatan senjata tersebut dan akhirnya meletuslah pertempuran tiga harid i kota surabaya yakni pada tanggal 28-30 Oktober yang kemudian membuat presiden Soekarno segera pergi ke Surabaya dan mendamiakan kedua pihak, yakni tentara Inggris dan pasukan Indonesia di bawah naungan RM Suryo.
Menanggapi ultimatum tersebut, Presiden Sukarno menyerahkan sepenuhnya keputusan di tangan pemerintah Jawa Timur, yaitu menolak atau menyerah. Gubernur Suryo dengan tegas berpidato di RRI bahwa Arek-Arek Suroboyo akan melawan ultimatum Inggris sampai darah penghabisan.
Maka meletuslah pertempuran besar antara rakyat Jawa Timur melawan Inggris di Surabaya yang dimulai tanggal 10 November 1945. Selama tiga minggu pertempuran terjadi di mana Surabaya akhirnya menjadi kota mati. Gubernur Suryo termasuk golongan yang terakhir meninggalkan Surabaya untuk kemudian membangun pemerintahan darurat di Mojokerto.
Tanggal 10 September 1948, mobil RM Suryo dicegat pemberontak anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) di tengah hutan Peleng, Kedunggalar, Ngawi. Dua perwira polisi yang lewat dengan mobil ikut ditangkap. Ke 3 orang lalu ditelanjangi, diseret ke dalam hutan dan dibunuh. Mayat ke 3 orang ditemukan keesokan harinya oleh seorang pencari kayu bakar.
R. M. T. Soerjo dimakamkan di makam Sasono Mulyo, Sawahan, Kabupaten Magetan. Sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang jasa-jasanya terletak di Kecamatan Kedunggalar kabupaten Ngawi.

0 comments:

Post a Comment