Wednesday, January 23, 2013

Indonesia Sudah Punya 6 Presiden

Saat ini Indonesia sudah merasakan di pimpin oleh 6 presiden, mulai dari presiden yang pertama Ir. Soekarno hingga yang kini masih menjabat presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Namun ternyata dari keenam presiden yang telah memimpin Indonesia, tiga diantaranya memiliki bulan lahir yang sama. Dimulai dari presiden pertama RI, Ir. Soekarno yang lahir pada tanggal 6 Juni tahun 1901 dan wafat pada tanggal 21 Juni 1970. Ir. Soekarno berperanan penting dalam memerdekakan Indonesia dari penjajahan Belanda,
ia sebagai pencetus konsep dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Yang kedua adalah Soeharto yang lahir pada 8 Juni 1921 dan wafat pada tanggal 21 Mei 2008. Selama masa jabatannya, beliau dikenal dengan sebutan bapak pembangunan dan di dunia internasional ia mempunyai sebutan populer , yaitu “The Smiling General” atau sang Jenderal yang tersenyum. Sebutan ini di berikan karena raut mukanya yang selalu tersenyum di muka pers dan dalam setiap acara resmi kerajaan. Dan yang ketiga adalah Baharuddin Jusuf Habibie atau yang kita kenal dengan B.J. Habibie yang lahir pada tanggal 25 Juni 1936. Sebelum menjadi presiden, beliau pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi dari tahun 1978 hingga 1998. Namun pada tanggal 21 Mei 1998, ia menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden. Masa  jabatan B.J. Habibie sebagai presiden hanya 1 tahun 5 bulan dan saat menjadi wapres hanya menjabat selama 2 bulan 7 hari. Dan B.J. Habibie merupakan wakil presiden dan presiden dengan masa jabatan terpendek.

0 comments:

Post a Comment